Kamis, 29 Mei 2008

Nurul_cah Rbg

PEMILIHAN KOSMETIK YANG TEPAT

Istilah kosmetik berasal dari bahasa Yunani " kosmetikos" yang berarti "keahlian dalammenghias". Pada dasarnya kosmetik dan bahan -bahan dasar kosmetik di seluruh dunia itu sama hanya yang membedakan jenis kulit dan iklim daerah pemakainya. menurut bahan - bahan yang digunakan dan cara prngolahannya kosmetik dibagi menjadi dua yaitu :
1. Kosmetik modern adalah kosmetik yang diproduksi secara pabrik ( laboratorium) dan bahan - bahannya telah dicampur denganzat - zat kimia, agar kosmetika tahan lama dan tidak cepat rusak. zat kimia yang dipergunakan harus sesuai takaran yang ditentukan oleh badan "POM" Indonesia.
2. Kosmetika tradisional adalah kosnetika yang terbuat dari bahan - bahn alamiah yang masih segar atau yang sudah dikeringkan dan diracuk berdasarkan resep nenek moyang secara turun yemurun seperti mangir, bedak dingin dan lulur.
Berdasarlan kegunaanya kosmetik dibagi menjadi dua yaitu :
1. kosmetika perawatan
kosmetika perawatan kulitadalah kosmetika kosmetik untuk membersihkan melindungi dan memelihara kesehatan kulit. Berdasarkan kegunannya kosmetik perawatn meliputi : (a) pembersih (b) penyegar (c) pelembab (d) peeling skin (e) kosmetik pelindung kulit seperti tabir surya (f) perawatan rambut.
2. kosmetika untuk tata rias
Kosmetika riasan adalah kosmetika ysng diperluksn untuk merias atau memperindah kulit dengan warna -warna yang menarik. Kegunaanya adalah untuk mempercantik wajah, memeperbaiki dan menyempurnakan bentuk wajah dengan menampilkan bagian - bagian yang cantik.
Jenis - jenis kosmetika tata rias

  1. Alas Bedak (make-up foundation)
  2. Bedak ( face powder)
  3. Perona bibir ( lipstick)
  4. Perona pipi ( blush-on )
  5. Perona mata (eye-shdow )
  6. Celak mata ( eye-liner)
  7. Pewarna bulu mata ( maskara )
  8. Pembentuk alis ( eye-brow pencil )
Cara memilih kosmetik yang tepat

  1. Pakailah kosmetik sesuai jenis kulit anda, apakah kulit berminyak, kering atau sensitif dan normal
  2. Pilihlah kosmetik yang terbuat dari bahan alamim dan dengan cara pengolahan yang bermutu tinggi
  3. pilihlah kosmetik dengan pH seimbang
  4. Kosmetik telah diuji klinis
  5. Kemasan yang baik tidak merusak produk dan kulit anda
  6. Pada kemasan terdapat label yang mudah di baca dan dipahami.
Kesimpulan
Kosmetik pada saat ini bukan merupakan barang baru tetapi sudah menjadi kebutuhan baik pria maupun wanita, karena itu diperlukan pengetahuan tentang kosmetik baik cara memilih dan cara menggunakannya.Kosmetik yang baik tidak dilihat dari harganya tetapi ditentukan oleh tidak memiliki efek samping, maka dari itu pilihlah kosmetik dengan benar dan tepat sesuai jenis kulit, iklim dan tesktur pigmen kulit anda masing - masing dan jangan termakan iklan,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar: