Rabu, 28 Mei 2008

rinda resi herdiningrum/5401407011


Penggolongan Serabut Tekstil

Sifat tekstil ada dua macam yaitu: serabut alam dan serabut buatan. Serabut buatan ini mulai kenal pada permulaan abad 20, dan banyak terdapat pada dunia pertekstilan masa kini. Serabut-serabut ini dipintal menjadi benang lalu dibuat kain.

Serabut yang macam-macam ini dapat digolongkan dalam empat besar menurut asal seratnya, yaitu:

1. Serabut sellulosa, terdiri dari : Serabut biji, serabut batang, serabut daun, searabut buah, rayon kopromonium dan rayon viskosa.

2. Serabut protein, terdiri dari : Sutera, wol, bulu binatang lainnya, seperti wol susu dan vikara.

3. Serabut termoplastik, terdiri dari : Asetat, poliamida, poliester, poliakrilik, dan polivinil chlorida.

4. Serabut mineral, terdiri dari : Asbes, serat gelas, dan benang logam.

Sifat-Sifat Serabut

1. Sifat umum serabut sellulosa.

Umumnya kain yang berasal dari serabut sellulosa kuat dan padat,sehingga terasa lebiah berat dari serabut lainnya. Kain lekas menjadi kusut karena kurang kenyal kecuali disempurnakan. Kain sellulosa sangat higrokopis, selain itu dipakai juga sangat sejuk, karena mempunyai sifat penghantar panas yang baik. Kain mudah dicuci karena tahan terhadap alkali, tahan panas yang tinggi dan mudah terbakar.

2. Sifat umum serabut protein.

Pada umumnya serabut protein peka terhadap obat-obat kimia dibandingkan dengan serabut sellulosa. Dan dalam keadaan basah kain yang berasal dari serabut protein kekuatannya menjadi berkurang. Sangat higrokopis, tidak tahan panas,dan mempunyai sifat satic electricity.(bukan pengantar aliran listrik yang baik),dan mudah kusut serta mudah terbakar.

3. Sifat umum serabut termoplastik.

Serabut termoplastik pada umumnya kuat baik dalam keadaan basah dan kering, tahan gesekan dan awet dalam pemakaian,sangat elastik sehingga pada suhu tertentu kain dari serabut ini dapat dibuat macam-macam lipit. Selaian itu mempunyai sifat kuarang baik, antara lain daya penghisap air kurang dan tidak tahan panas.

4. Sifat umum serabut mineral.

Umumnya sifat kain serabut ini tahan terhadap macam-macam cuaca, kuat dan tidak dapat dibakar serta tidak mudah kusut. Selain itu juga terdapat kekurangannya yaitu kain yang berasal dari serabut mineral ini kurang menghisap air.

Tidak ada komentar: